Microsoft Word | Pengertian & Sejarah Ms. Word

Pengertian Microsoft WordMicrosoft Word atau Ms. Word sangat populer di Indonesia. Segala aktifitas penulisan surat, dokumen, makalah, modul, atau lainnya yang dibuat secara komputasi, rujukan utamanya adalah Ms. Word. Saking populernya, Ms. Word dijadikan sebagai pelajaran dasar di berbagai kursus-kursus komputer saat ini. Tapi tahukah Anda Pengertian Mocrosoft Word? Nah, pada postingan kali ini, kita akan mempelajarinya.

Pengertian Microsoft Word adalah perangkat lunak (software) pengolah kata yang banyak digunakan saat ini. Seperti nama, Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft. Software ini masuk dalam paket Microsoft Office, yang berisi Ms. Excel (pengolah angka), Ms. Access (database), Ms. PowerPoint (slide presentasi), dan masih banyak yang lainnya.

Microsoft Word pertama kali diperkenalkan sebagai Multi-Tool Word pada tahun 1983. Namun saat itu hanya dapat dijalankan oleh komputer dengan sistem operasi Xenix. Dan pihak Microsoft pun terus melakukan pengembangan, hingga diperkenalkanlah versi-versi terbaru yang dapat dijalankan diberbagai sistem operasi.

Pengertian Microsoft Word
Ilustrasi Logo Ms. Word 2013


Setelah pengembangan yang dilakukan Microsoft, tercatat Ms. Word dapat dijalan di berbagai komputer dengan sistenm operasi beragam seperti IBM PC dengan SO DOS (1983), AT & T Unix PC (1985), Apple Macintosh dengan sistem operasi Mac OS (1985), Atari ST (1988), SCO UNIX (1994), OS/2 (1989), dan Windows dari Microsoft sendiri tahun 1989.

Sejarah Microsoft Word


Setelah mengerti Pengertian Microsoft Word, selanjutnya dianggap penting untuk diketahu sejarah diciptakannya Microsoft Word. Adalah Charles Simonyi, seorang pengembang dari Bravo, sistem pengolah kata GUI pertama, yang dikembangkan di Xerox PARC. Charles dipinang Microsoft pada tahun 1981, untuk membuat proyek untuk Microsoft.

Setelah bergabung dengan Microsoft, Charles Simonyi kemudian mengerjakan proyek sistem pengolah kata, yang selanjutnya dikenal dengan "Multi-Tool Word". Dalam mengerjakan proyek tersebut, Charles tidaklah bekerja seorang diri, dia merekrut Richard Brodie, yang tak lain adalah seorang mantan pegawai Xerox, saat bekerja di Xerox Richard menjabat sebagai kepala software engineering. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kronologinya:

  • Tahun 1983 Microsoft meluncurkan Multi-Tool Word untuk Xenix dan MS-DOS. Namanya-pun segera berganti menjadi Microsoft Word.
  • Tahun 1986, Microsoft meluncurkan Word untuk Atari ST dan dinamakan Microsoft Write.
  • Tahun 1987 Microsoft meluncurkan Microsoft Word yang kedua untuk sistem operasi Mac OS, dan diberi nama 'Word 3.0' untuk menyinkronkan nomor versinya dengan Microsoft Word untuk DOS. Versi 3.0 ini sangat menarik dilengkapi dengan banyak fitur, sayangnya kemudian banyak muncul 'Bug'. Sehingga kemudian Microsoft meluncurkan Word 3.01.
  • Tahun 1989 versi pertama dari Word untuk sistem operasi Windows resmi diluncurkan. Dan dilanjutkan dengan Windows 3.0 pada tahun berikutnya. Di masa inilah Microsoft mulai berjaya dan segera menjadi pemimpin pasar untuk program pengolah kata (word processor) untuk komputer PC kompatibel IBM .
  • Tahun 1991 Microsoft meluncurkan sebuah versi Word untuk DOS , yaitu versi 5.5. Versi ini mengganti user interface-nya dengan tampilan yang mirip dengan aplikasi Windows.
  • Tahun 1992 Word 5.1 untuk Mac OS dirilis. Versi ini merupakan versi Word yang paling populer saat itu karena sangat bagus, relatif mudah penggunaannya, dan fiturnya juga lengkap. Banyak pengguna mengatakan ini adalah versi terbaik dari Word untuk Mac OS, yang pernah dibuat.
  • Tahun 1993 Microsoft  kembali meluncurkan Word 6.0 yang merupakan versi terakhir dari Word untuk sistem DOS. Dan di sini Microsoft kembali lagi mencoba melakukan sinkronisasi nomor versi dan penamaan produknya untuk seluruh platform di DOS, Mac OS, dan Windows.

Sejarah Microsoft Word untuk Mac OS dan OSX


Seperti yang dijelaskan pada Pengertian Microsoft Word. Memasuki tahun 1995, Sejarah Microsoft Word berkembangan dengan signifikan. Khususnya saat Microsoft memperkenalkan sistem operasi racikannya, Microsoft Windows. Hal inilah yang mendukung penyebaran pengguna yang sangat banyak. Dan di dalam kutipan ini adalah kronologi sejarahnya:

  • Word versi 32-bit pertama untuk Windows yaitu Word 95, diluncurkan dengan Office 95 secara bersamaan dengan diluncurkannya Windows 95
  • Di tahun 1997 Microsoft merilis versi pertama dari Word 98 yang dirilis dengan Office 98 Macintosh Edition.
  • Tahun 2000 Microsoft meluncurkan Word 2001 yang juga merupakan versi terakhir yang bisa berjalan pada sistem operasi Mac OS.
  • Bulan Mei 2004 Microsoft meluncurkan Word 2004.
  • Tahun 2008 Microsoft meluncurkan Word 2008.
  • Tahun 2010 Microsoft meluncurkan Word 2010 yang mendukung Windows 8, Windows 7, Windows Vista (Dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3).
  • Bulan Oktober 2010 Microsoft meluncurkan Word 2011.
  • Tahun 2013 sejarah Microsoft Word akhirnya berlanjut dengan diluncurkannya Microsoft Word 2013 untuk Windows 8, Windows 7, dan Windows Server 2008 R2.
Nah, demikianlah pembahasan Pengertain Microsoft Word. Semoga bermanfaat untuk Anda sekalian, dan semoga menambah khasanah keilmuan Anda. Jangan ragu untuk men-share, jika informasi ini penting untuk orang lain. Sampai berjumpa kembali di postingan lainnya. Terimakasih banyak sudah mampir di blog Info Seputar Pengertian, dan telah membaca artikel Pengertain Microsoft Word Serta Sejarahnya.

5 komentar

PT. Sarana Solusindo Informatika adalah Large Account Reseller Microsoft Indonesia yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja 53 Jakarta - INDONESIA, ingin meperkenalkan lebih jauh kepada keuntungan apa yang diperoleh setelah menggunakan Office 365, Kami MenJual Office 365 untuk perusahaan, Dapatkan Informasi Harga Office 365 dengan menghubungi kami dan dapatkan harga terbaik.

Balas

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->