Pengertian Opini Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Opini Dan Jenis-Jenisnya – Dalam dunia sosial, khususnya dunia komunikasi, istilah opini publik tidak bisa dilepaskan dari pengertian “pendapat umum”. Namun, dalam pemakaian bahasa Indonesia sehari-hari, kadang kala istilah “pandangan umum” diasumsikan sebagai terjemahan dari opini publik, padahal dua istilah tersebut berbeda.

Pengertian opini adalah serapan dari bahasa asing (opinion), merupakan tanggapan atau jawaban terbuka terhadap sesuatu persoalan yang dinyatakan berdasarkan kata-kata, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Opini juga dapat berupa prilaku, sikap tindak, pandangan dan tanggapan.

pengertian opini


Djoenaesih menyebutkan opini memiliki beberapa ciri, dia menyebutkan ciri-ciri opini yaitu “selalu diketahui dari pernyataan-pernyataan; merupakan sintesa dari banyak pendapat; serta mempunyai pendukung dalam jumlah yang besar”.

Jika sebuah opini merupakan opini seseorang, maka tidak akan menimbulkan sebuah masalah. Namun, berbeda halnya jika opini tersebut menjadi opini publik, maka akan banyak permasalahan yang akan terjadi, karena hal ini menyangkut dan berkaitan dengan orang banyak. Dan diantara orang banyak itu akan melakukan komunikasi, guna menyampaikan pendapatnya masing-masing.

Jenis-Jenis Opini


Setelah kita memahami pengertian opini, selanjutnya kita harus mengetahui jenis-jenis opini. Dalam ilmu komunikasi, opini dikenal memiliki berbagai jenis, di antaranya yaitu:

Opini Individual


Opini individual merupakan pendapat seseorang mengenai sesuatu yang terjadi di masyarakat. Untuk mengetahui orang lain ada yang sependapat atau tidak, seseorang harus melakukan perbincangan kepada orang lain terlebih dahulu, sehingga sesuatu yang dibicarakan tersebut kini menjadi opini publik.

Opini Pribadi


Opini pribadi merupakan pendapat asli seseorang mengenai suatu masalah sosial. Opini pribadi timbul apabila seseorang tanpa dipengaruhi oleh orang lain, menyetujui atau tidaknya suatu masalah sosial, kemudian dalam nalarnya ia menemukan sebuah kesimpulan sebagai tanggapan atas masalah sosial tersebut.

Opini Kelompok


Opini kelompok merupakan pendapat sekelompok orang mengenai masalah sosial yang menyangkut kepentingan orang banyak. Contohnya, keharusan pancasila dijadikan asas tungal bagi organisasi kemasyarakatan, maka diantara kelompok itu ada yang pro dan ada yang kontra.

Opini Minoritas


Opini minoritas merupakan pendapat dari orang-orang yang jumlahnya relatif lebih sedikit dari mereka yang terkait suatu masalah sosial, baik yang pro, kontra, atau dengan pandangan lainnya. Lawan dari opini minoritas adalah opini mayoritas.

Opini Mayoritas


Opini mayoritas merupakan pendapat orang-orang terbanyak dari mereka yang berkaitan dengan suatu masalah sosial, baik sebagai yang pro, kontra, maupun yang memiliki penilaian lainnya.

Opini Massa


Opini massa merupakan kelanjutan dari opini publik. Opini massa adalah pendapat seluruh masyarakat sebagai hasil dari perkembangan pendapat yang berbeda mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum.

Opini Umum


Dan yang terakhir dari jenis opini yaitu opini umum. Opini umum merupakan pendapat yang sama dari semua orang dalam suatu masyarakat mengenai masalah yang menyangkut kepentingan umum. Secara sederhana, opini umum merupakan satu pendapat yang diamini oleh masyarakat pada umumnya.

Nah, demikianlah penjelasan sederhana mengenai pengertian opini dan jenis-jenisnya. Semoga penjelasan tersebut bermanfaat, dan menambah khasanah pengetahuan Anda. Terimakasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Dan sampai jumpa di artikel pengertian lainnya. See You..:)

Source :
Uchjana Efendi, Onong. 2006. Hubungan Masyarakat, Bandung: Rosdakarya.
Rosady Ruslan. 2008. Manajemen: Public Relations dan Media Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pres.

Artikel Yang Mungkin Terkait

Berkomentarlah sesuai dengan tema postingan.
Mohon maaf, pesan menyinggung SARA, Fornografi, dan Spam tidak akan ditampilkan.
Tidak menerima link aktif, ubah .com menjadi dotcom atau [.]com.
Jika ingin bertukar link, hubung di google+.
Terimakasih telah berkunjung. ;)

 
-->